Skip to main content

LinkedIn #5


Pada kuliah kali ini dilakukan secara online mengingat kondisi sedang tidak aman. Kuliah kali ini mengangkat materi mengenai LinkedIn. Ada banyak artikel dan juga buku serta video-video yang dapat kita jadikan sebagai bahan referensi untuk memahami apa itu LinkedIn.

Apa itu LinkedIn?

LinkedIn merupakan sebuah situs yang memungkinkan pelamar kerja maupun yang sudah kerja dapat berhubungan dan mencari pekerjaan yang sesuai. LinkedIn memiliki slogan yaitu LinkedIn adalah tempat dimana hubungan itu penting. Dalam dunia kerja, connection atau link untuk mendapat pekerjaan sangatlah penting, maka dari itu ini adalah wadah para pencari pekerja maupun pencari pekerjaan dapat berhubungan sehingga saling mendapatkan apa yang diinginkan. Tujuan LinkedIn ini yaitu untuk membantu kita agar lebih efektif dalam bekerja dan membuka kesempatan dengan menggunakan ‘Professional Relationship’ yang kita miliki.

Kapan LinkedIn Dapat Kita Gunakan?

Kalian dapat membuat akun LinkedIn ini sejak masih sekolah, setelah lulus kuliah, sudah memliki pekerjaan. Karena Linked ini tidak bukan situs yang mengharuskan seseorang harus memiliki pengalaman kerja terlebih dahulu baru dapat membuat akun Linkedin. Siapapun dapat membuat akunnya sedini mungkin untuk mempersiapkan untuk dunia kerja ketika nanti.

Dimana Kita Dapat Daftar LinkedIn?

LinkedIn dapat di akses melalui website linkedin.com, atau dapat diunggah melalui playstore(Android) maupun app store(IOS).

Siapa Saja Yang Dapat Menggunakan LinkedIn?

LinkedIn dapat dijangkau oleh siapa aja yang ingin menambah wawasan maupun relasi serta hubungan dengan dunia pekerjaan. Mahasiswa, Fresh Graduate, Karyawan, semua bisa menggunakan dan membuat LinkedIn.

Kenapa Kita Harus Memiliki LinkedIn?

Banyak manfaat yang akan kalian dapat ketika sudah memiliki LinkedIn ini, berikut beberapa alasan kenapa kita harus memiliki LinkedIn.
1.     Memudahkanmu mencari pekerjaan
2.     Mendapatkan banyak link atau relasi seputar dunia kerja


3.     Mengetahui profil perusahaan yang kita ingin daftar

4.     Mudah dikenal atau diketahui bahkan dapat dicari oleh perusahaan


5.     Personal branding untuk melamar kerja


6.     Terhubung dengan orang-orang

Bagaimana Membuat LinkedIn Yang Menarik?

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk membuat profil LinkedIn menarik.
1.     Memilih foto untuk foto profil dengan tepat.

Foto yang digunakan harus jelas (tidak blur), selain itu memperlihatkan kalau itu adalah anda yang ada didalam foto tersebut. Jangan menggunakan foto selfie, karena akan terlihat tidak professional.
2.     Menuliskan data tentang diri dengan benar.
Data yang akan diisi nantinya dapat dilihat oleh perusahaan maupun orang lain. Maka dari itu data yang diisi harus sesuai dengan diri kalian, misalnya mengenai skill dibidang apa kita unggul.
3.     Menuliskan pengalaman se-detail mungkin.
Pengalaman merupakan salah satu poin fatal jika tidak diisi ataupun diisi dengan asal-asalan. Karena kebanyakan perusahaan melihat seorang dari pengalaman yang pernah dilakukan.
4.     Tulis pencapaian yang sudah didapatkan.
Hal ini juga salah satu peran penting dalam membuat profil yang lengkap dan menarik.
5.  Ketika menuliskan pengalaman, gunakan gambar juga.
Ketika seseorang mengunjungi profil anda, lalu hanya ada banyak tulisan tanpa diselingi gambar-gambar tentunya sangat membosankan dilihat. Jadi, gunakan gambar ketika menuliskan sesuatu di profil kalian.

Profile LinkedIn, Visit Me


Comments

Popular posts from this blog

Meraih S2 di Swedia dengan Beasiswa #6

Kuliah Kapita Selekta dilakukan secara online untuk yang kedua kalinya dikarenakan belum meredanya situasi diluar saat ini. Kuliah kali ini dilakukan dengan metode Live Session dengan pembicara, yaitu Fatimah Ilona Asa, S.T., M.Sc. live session melalui aplikasi Zoom. Selain itu pembicara pada kuliah kapsel kali ini merupakan alumni IF UAI angkatan 2011, lalu melanjutkan pendidikan S2 di Uppsala University, Swedia. Beliau mengambil jurusan information management. What are you looking for? Sebelum mencari informasi tentang beasiswa, kalian perlu memperhatikan beberapa hal atau mungkin jadi pertanyaan untuk diri sendiri, Apakah yang kalian cari adalah Universitas Terbaik? Apakah yang kalian cari adalah Negara terbaik untuk melanjutkan pendidikan? Apakah yang kalian cari adalah Program Studi terbaik untuk kalian? Atau yang lainnya mungkin kalian bisa memikirkannya. Dari hal-hal tersebut, dapat dilihat lebih jelas kemana tujuan kita nantinya. Jika memilih untuk melan

Konsep Dasar UI/UX #4

User Interface and User Experience by Deska Setiawan Yusra as Product Manager in OY! Indonesia Pada pertemuan kali ini, materi yang dibawakan oleh narasumber kami adalah mengenai UI/UX atau dibaca User Interface dan User Experience. Narasumber kali ini merupakan alumni Informatika UAI, Deska Setiawan Yusra yang sekarang bekerja sebagai PM atau Product Manager di OY! Indonesia. Apa itu UI/UX? Menurut narasumber kami, UX atau User Experience adalah Sebuah pengalaman seseorang dalam menggunakan atau berinteraksi dengan sebuah produk ataupun jasa. Dari kalimat tersebut dapat disimpulkan bahwa UX mengacu pada pengalaman konsumen atau user dalam menggunakan produk atau jasa yang tersedia. Sedangkan UI atau User Interface merupakan bagian visual dari sebuah produk aplikasi digital yang menyangkut pada bagaimana sebuah informasi dapat ditampilkan, dapat disimpulkan UI itu sebagai visualisasi   atau tampilan untuk user atau konsumen terhadap produk yang akan digunakan.

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING #11

Jumat, 05 Juni 2020 kuliah kapita selekta dilaksanakan dengan menyaksikan atau menonton sebuah seri seminar virtual karena sedang adanya pandemic covid-19 ini. Kegiatan ini mengangkat tema Enterprise Resource Planning atau ERP. Narasumber kali ini yaitu Riyanto Gozali dengan moderator Prof Richardus Eko Indrajit sekaligus pemilik akun youtube ini . Enterprise Resource Planning ERP merupakan sebuah aplikasi atau software yang digunakan sebagai manajemen bisnis untuk memudahkan pengelolaan bisnis tersebut secara terintegrasi. ERP berhubungan dengan bisnis proses dan integritas.  ERP Vs MRP ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan perencanaan sumber daya perusahaan, dan MRP adalah Material Requirements Planning atau kependekan dari perencanaan kebutuhan material atau perencanaan sumber daya manufaktur. MRP merupakan subset dari ERP artinya, MRP bagian dari total seluruh proses ERP. Assets Management Tidak harus asset yangg bersifat fisik, kata kunci Assets Management yaitu mengorganis