Skip to main content

Konsep Dasar UI/UX #4


User Interface and User Experience by Deska Setiawan Yusra as Product Manager in OY! Indonesia

Pada pertemuan kali ini, materi yang dibawakan oleh narasumber kami adalah mengenai UI/UX atau dibaca User Interface dan User Experience. Narasumber kali ini merupakan alumni Informatika UAI, Deska Setiawan Yusra yang sekarang bekerja sebagai PM atau Product Manager di OY! Indonesia.

Apa itu UI/UX?

Menurut narasumber kami, UX atau User Experience adalah Sebuah pengalaman seseorang dalam menggunakan atau berinteraksi dengan sebuah produk ataupun jasa. Dari kalimat tersebut dapat disimpulkan bahwa UX mengacu pada pengalaman konsumen atau user dalam menggunakan produk atau jasa yang tersedia.

Sedangkan UI atau User Interface merupakan bagian visual dari sebuah produk aplikasi digital yang menyangkut pada bagaimana sebuah informasi dapat ditampilkan, dapat disimpulkan UI itu sebagai visualisasi  atau tampilan untuk user atau konsumen terhadap produk yang akan digunakan.

Perbedaan UI dan UX


Pada dasarnya, User Experience adalah tentang “memahami penggunamu”. Tujuan UX adalah mencari tahu siapa mereka, apa yang mereka capai dan apa cara terbaik bagi mereka untuk melakukan “sesuatu”.
Sedangkan User Interface adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang kamu buat terlihat dan berbentuk seperti apa. Hal tersebut mencakup Layout (tata letak), Visual Design (desain visual) dan Branding.

Langkah Awal membuat UI/UX

Banyak pertanyaan mengenai manakah yang harus dilakukan terlebih dahulu, UI atau UX? Bang Deska selaku narasumber sangat menganjurkan untuk melakukan atau membuat UX terlebih dahulu, karena sebagus apapun UI yang dibuat akan terlihat useless ketika konsumen/user tidak nyaman dan tidak bisa menggunakan produk yang ada.
Akan tetapi setelah membuat UX, perlu dilakukan terlebih dahulu pembuatan wireframe. Wireframe merupakan kerangka dasar dari sebuah produk digital yang menampilkan arsitektur dan elemen-elemen informasi berdasarkan konsep yang ada.

Layout Seperti Apa Sih Yang Menarik?

  • Mudah ditebak, maksudnya adalah ketika user menggunakan produk digital tanpa berpikir mereka sudah mengetahui semuanya, seperti close button yang terletak disebelah pojok kanan atas.
  • Teratur, maksudnya adalah teratur dalam menyusun layout dari UI agar user dapat mengetahui tata letak navigasi maupun button dengan mudah.
  • Konsisten, jika ada beberapa halaman, buatlah layout yang sama atau tidak berubah-ubah setiap halamannya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat layout atau UI dalam web, berikut poin-poinnya :

Warna

Pemilihan warna sangat penting dalam membuat UI, karena setiap warna juga memiliki artinya masing-masing dan bisa mempengaruhi psikologis manusia itu sendiri dalam melihat warna. Warna juga bisa menjadi branding produk, misalnya produk yang kita buat ini cenderung menggunakan warna biru dari logo maupun tampilan UI.

Icon

Icon harus merepresentasikan button yang akan di tekan, misalnya button home yang berfungsi untuk membawa user ke menu home harus memiliki icon yang selaras, misalnya icon rumah.

Font

Font ada banyak jenisnya, tapi tidak banyak yang memiliki keindahan dimata orang. Jadi, kita harus pintar memilih jenis font serta ukuran yang sesuai tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Comments

Popular posts from this blog

Meraih S2 di Swedia dengan Beasiswa #6

Kuliah Kapita Selekta dilakukan secara online untuk yang kedua kalinya dikarenakan belum meredanya situasi diluar saat ini. Kuliah kali ini dilakukan dengan metode Live Session dengan pembicara, yaitu Fatimah Ilona Asa, S.T., M.Sc. live session melalui aplikasi Zoom. Selain itu pembicara pada kuliah kapsel kali ini merupakan alumni IF UAI angkatan 2011, lalu melanjutkan pendidikan S2 di Uppsala University, Swedia. Beliau mengambil jurusan information management. What are you looking for? Sebelum mencari informasi tentang beasiswa, kalian perlu memperhatikan beberapa hal atau mungkin jadi pertanyaan untuk diri sendiri, Apakah yang kalian cari adalah Universitas Terbaik? Apakah yang kalian cari adalah Negara terbaik untuk melanjutkan pendidikan? Apakah yang kalian cari adalah Program Studi terbaik untuk kalian? Atau yang lainnya mungkin kalian bisa memikirkannya. Dari hal-hal tersebut, dapat dilihat lebih jelas kemana tujuan kita nantinya. Jika memilih untuk melan

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING #11

Jumat, 05 Juni 2020 kuliah kapita selekta dilaksanakan dengan menyaksikan atau menonton sebuah seri seminar virtual karena sedang adanya pandemic covid-19 ini. Kegiatan ini mengangkat tema Enterprise Resource Planning atau ERP. Narasumber kali ini yaitu Riyanto Gozali dengan moderator Prof Richardus Eko Indrajit sekaligus pemilik akun youtube ini . Enterprise Resource Planning ERP merupakan sebuah aplikasi atau software yang digunakan sebagai manajemen bisnis untuk memudahkan pengelolaan bisnis tersebut secara terintegrasi. ERP berhubungan dengan bisnis proses dan integritas.  ERP Vs MRP ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan perencanaan sumber daya perusahaan, dan MRP adalah Material Requirements Planning atau kependekan dari perencanaan kebutuhan material atau perencanaan sumber daya manufaktur. MRP merupakan subset dari ERP artinya, MRP bagian dari total seluruh proses ERP. Assets Management Tidak harus asset yangg bersifat fisik, kata kunci Assets Management yaitu mengorganis