Skip to main content

Menjadi Peneliti yang Menginspirasi #7



Kuliah Kapita Selekta dilakukan secara online untuk yang ketiga kalinya dikarenakan belum meredanya situasi diluar saat ini. Kuliah kali ini dilakukan dengan metode Live Session dengan pembicara, yaitu Muhammad Erza Arminanto, Ph.D.  live session melalui aplikasi Google Meeting salah satu aplikasi untuk meeting. Selain itu pembicara pada kuliah kapsel kali ini merupakan alumni S1 Teknik Elektro UAI angkatan 2008, lalu melanjutkan pendidikan S2 di Teknik Elektro (Information Security) ITB 2014. Saat ini beliau bekerja di National Institute of Information and Communications Technology  (NICT), Tokyo, Japan sebagai Postdoctoral Researcher.

Apa itu Postdoc?

POST-DOC adalah posisi sementara yang mengizinkan seseorang yang memegang gelar melanjutkan  training/pelatihan ilmiah sebagai peneliti dengan tujuan untuk memperoleh keahlian profesional yang diperlukan untuk mengembangkan karir yang dipilihnya.
Postdoc terbagi menjadi dua jenis yaitu posdoc di universitas atau perguruan tinggi dan postdoc di institusi penelitian.
A.      Postdoc University
Postdoc yang menjadi dosen dan mengajar mahasiswa s3, selain itu seorang postdoc di universitas atau perguruan tinggi ini biasanya menjadi asisten dosen yang sekaligus untuk dievaluasi.
B.      Postdoc Research Institute
Seorang postdoc di institusi biasanya menjadi peneliti dengan program exchange, misalnya dengan postdoc di jepang dan melakukan penelitian di jepang. Selain itu mereka fokus dalam penulisan paper dan mendatangi suatu converence.

Objektif

Seorang postdoc memiliki tugas-tugas yang dilakukan agar mencapai tujuannya. Berikut tugas seorang postdoc.
  1. Conduct research atau melakukan penelitian, penelitian dilakukan untung menambah pengalaman dan skill dalam penelitian
  2. Mengejar state of the art.
  3. Kegiatan atau aktifitas proyek.
  4. Menulis Akademis Paper.
  5. Membangun Networking atau memperluas koneksi.
Output seorang postdoc yaitu
  1. Akademis paper.
  2. Paten (software / idea).
  3. Prototipe,produk. 

 COMPANY RULES (BASICALLY SAME)

1.       Waktu bekerja yang fleksibel yaitu 7.5 jam
2.       Sumber daya ditanggung.
3.       Gaji bisa mencapai $4000.
4.       Peneliti kontrak atau permanent
5.       Rapat bulanan untuk memberikan laporan.
6.       Menghadiri konferensi dengan syarat harus publis paper ke conference tersebut.

PROSES MENCARI DAN PENERIMAAN

Info bisa didapat dari koneksi kita pada saat datang ke conference, internet, and komunitas.
Proses penerimaan :
Upload/submit CV dan surat lamaran.
Melakukan interview online yang mencakup
Catatan publikasi, bagian dalam paper, rencana penelitian, rencana karir, keterampilan teknis, isu sosial : keluarga, agama, dll).
Surat Penerimaan.

SUKA – DUKA

Suka atau sisi positif yang dapat didapat seorang postdoc yaitu flextime, business trip, jalan-jalan dan memiliki exchange rate yang bagus.
Sedangkan Dukanya yaitu ketika penelitian yang tersendat, deadline untuk submit paper, tidak bertemu keluarga dalam waktu yang lama, tidak bisa bahasa local.

Comments

Popular posts from this blog

Meraih S2 di Swedia dengan Beasiswa #6

Kuliah Kapita Selekta dilakukan secara online untuk yang kedua kalinya dikarenakan belum meredanya situasi diluar saat ini. Kuliah kali ini dilakukan dengan metode Live Session dengan pembicara, yaitu Fatimah Ilona Asa, S.T., M.Sc. live session melalui aplikasi Zoom. Selain itu pembicara pada kuliah kapsel kali ini merupakan alumni IF UAI angkatan 2011, lalu melanjutkan pendidikan S2 di Uppsala University, Swedia. Beliau mengambil jurusan information management. What are you looking for? Sebelum mencari informasi tentang beasiswa, kalian perlu memperhatikan beberapa hal atau mungkin jadi pertanyaan untuk diri sendiri, Apakah yang kalian cari adalah Universitas Terbaik? Apakah yang kalian cari adalah Negara terbaik untuk melanjutkan pendidikan? Apakah yang kalian cari adalah Program Studi terbaik untuk kalian? Atau yang lainnya mungkin kalian bisa memikirkannya. Dari hal-hal tersebut, dapat dilihat lebih jelas kemana tujuan kita nantinya. Jika memilih untuk melan

Konsep Dasar UI/UX #4

User Interface and User Experience by Deska Setiawan Yusra as Product Manager in OY! Indonesia Pada pertemuan kali ini, materi yang dibawakan oleh narasumber kami adalah mengenai UI/UX atau dibaca User Interface dan User Experience. Narasumber kali ini merupakan alumni Informatika UAI, Deska Setiawan Yusra yang sekarang bekerja sebagai PM atau Product Manager di OY! Indonesia. Apa itu UI/UX? Menurut narasumber kami, UX atau User Experience adalah Sebuah pengalaman seseorang dalam menggunakan atau berinteraksi dengan sebuah produk ataupun jasa. Dari kalimat tersebut dapat disimpulkan bahwa UX mengacu pada pengalaman konsumen atau user dalam menggunakan produk atau jasa yang tersedia. Sedangkan UI atau User Interface merupakan bagian visual dari sebuah produk aplikasi digital yang menyangkut pada bagaimana sebuah informasi dapat ditampilkan, dapat disimpulkan UI itu sebagai visualisasi   atau tampilan untuk user atau konsumen terhadap produk yang akan digunakan.

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING #11

Jumat, 05 Juni 2020 kuliah kapita selekta dilaksanakan dengan menyaksikan atau menonton sebuah seri seminar virtual karena sedang adanya pandemic covid-19 ini. Kegiatan ini mengangkat tema Enterprise Resource Planning atau ERP. Narasumber kali ini yaitu Riyanto Gozali dengan moderator Prof Richardus Eko Indrajit sekaligus pemilik akun youtube ini . Enterprise Resource Planning ERP merupakan sebuah aplikasi atau software yang digunakan sebagai manajemen bisnis untuk memudahkan pengelolaan bisnis tersebut secara terintegrasi. ERP berhubungan dengan bisnis proses dan integritas.  ERP Vs MRP ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan perencanaan sumber daya perusahaan, dan MRP adalah Material Requirements Planning atau kependekan dari perencanaan kebutuhan material atau perencanaan sumber daya manufaktur. MRP merupakan subset dari ERP artinya, MRP bagian dari total seluruh proses ERP. Assets Management Tidak harus asset yangg bersifat fisik, kata kunci Assets Management yaitu mengorganis